Mengenal Brake Cleaner pada Mobil

Sistem pengereman pada mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menunjang keselamatan selama berkendara. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk selalu mengecek bagian sistem pengereman dan menggunakan brake cleaner atau pembersih rem jika diperlukan. 


Item pembersih rem khusus mobil ini akan sangat dibutuhkan dan bahkan wajib digunakan untuk membantu membersihkan bagian sistem pengereman mobil. Dengan menggunakan pembersih rem secara rutin maka sistem pengereman mobil akan bekerja dengan baik dan tidak menimbulkan masalah serius.


Lalu apa sebenarnya brake cleaner mobil itu dan bagaimana cara penggunaannya? Untuk mengetahui beberapa hal tersebut simak penjelasan berikut ini.



Apa itu Brake Cleaner pada Mobil?


Brake Cleaner atau pembersih rem mobil merupakan sebuah cairan pembersih khusus yang dirancang untuk membersihkan bagian-bagian rem seperti rotor, kaliper, hingga bantalan rem. Pembersih bagian rem ini diformulasikan khusus untuk menghilangkan lemak, oli, debu rem, dan juga beberapa kontaminan lainnya yang biasanya menumpuk pada bagian rem sehingga mengurangi kinerja rem itu sendiri.


Pembersih rem mobil sendiri pada umumnya berupa kaleng aerosol yang dilengkapi dengan nozel semprot sehingga memudahkan Anda untuk mengoleskan pelarut ke bagian rem. Pembersih rem sangat penting digunakan secara teratur untuk tetap memberikan keselamatan dan keamanan selama berkendara.



Fungsi Brake Cleaner pada Mobil


Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa pembersih rem mobil digunakan untuk membersihkan area pengereman mobil. Fungsi dari pembersih rem mobil sendiri yaitu untuk membersihkan area atau komponen rem mobil dari berbagai kotoran yang menumpuk dan menyebabkan fungsi rem mobil tidak bekerja.


Dengan menggunakan pembersih rem secara teratur dapat meningkatkan kinerja rem mobil lebih baik lagi. Untuk mendapatkan manfaat pembersih rem, ada baiknya Anda melakukan pembersihan bagian rem mobil setiap mobil telah menempuh jarak 20.000 km.



Manfaat Membersihkan Komponen Rem Menggunakan Brake Cleaner


Ketika Anda mengendarai mobil, tentu Anda akan melewati berbagai kondisi jalan yang bermacam–macam, mulai jalanan yang berdebu, berpasir, berlumpur, maupun banjir. Nah, ketika mobil Anda melewati beberapa kondisi jalan tersebut akan banyak kotoran yang menempel pada mobil khususnya pada bagian rem mobil.


Padahal seperti yang Anda ketahui bahwa komponen rem mobil sangat penting untuk Anda lakukan agar bagian rem mobil bekerja dengan semestinya dan Anda sebagai pengendara merasa aman berkendara. Nah berikut ini beberapa manfaat membersihkan komponen rem secara teratur menggunakan pembersih rem.


Berkendara Lebih Aman


Ketika Anda membersihkan komponen rem secara rutin maka otomatis rem mobil akan bekerja dengan baik. Hal tersebut tentu akan berpengaruh ketika Anda berkendara di jalan raya. Semakin baik kinerja rem mobil, maka semakin besar pula perlindungan mobil untuk Anda.


Komponen Mobil Lebih Awet


Ketika Anda melakukan pembersihan rem secara teratur maka bagian komponen rem mobil akan lebih awet. Hal tersebut akan berbeda ketika Anda jarang melakukan pembersihan bagian rem mobil. Oleh sebab itu ketika Anda membersihkan area rem secara teratur membuat komponen rem lebih tahan lama.



Cara Menggunakan Brake Cleaner


Pada umumnya penggunaan pembersih rem mobil sangat mudah. Walaupun begitu, ada baiknya Anda untuk memperhatikan cara menggunakan brake cleaner dengan benar untuk memaksimalkan kinerja pembersih rem tersebut. Nah berikut ini beberapa cara dalam menggunakan pembersih rem yang direkomendasikan untuk Anda.


Kenakan Sarung Tangan dan Kacamata Pelindung


Karena pembersih rem mobil memiliki kandungan yang cukup keras bagi kulit, sebelum Anda melakukan pembersihan rem mobil menggunakan pembersih rem. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit dan mata Anda ketika menyemprotkan pembersih rem.


Angkat Kendaraan Menggunakan Dongkrak


Untuk mempermudah membersihkan area rem, Anda perlu mengangkat kendaraan menggunakan dongkrak kemudian lepas roda mobil agar lebih mudah untuk mengakses bagian komponen mobil.


Semprotkan Pembersih Rem


Setelah roda mobil terlepas dan Anda sudah dapat menjangkau bagian komponen rem yang berada di bawah mobil, Anda dapat menyemprotkan pembersih rem ke bagian kaliper rem, rotor, dan juga bantalan rem. Kemudian diamkan cairan tersebut mengendap pada bagian rem.


Lap dan Bersihkan Sisa Kotoran


Setelah Anda menunggu beberapa saat agar cairan pembersih mengendap, maka Anda dapat membersihkan bagian kotoran rem yang sudah terangkat tersebut menggunakan lap bersih atau menyikatnya ketika diperlukan. Bersihkan cairan dan kotoran yang masih tersisa dan tunggu hingga cairan rem tersebut kering sebelum memasang kembali roda mobil.


Sebelum melakukan pembersihan bagian rem mobil, pastikan Anda untuk melakukan pembersihan rem di area yang terbuka atau ruangan dengan ventilasi yang baik, Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi asap yang terhirup oleh manusia dan dapat membahayakan manusia.


Itulah beberapa hal mengenai brake cleaner dan juga cara membersihkannya. Untuk pembersihan rem sendiri dapat Anda lakukan untuk berbagai mobil seperti contohnya mobil Hyundai Santa Fe. Jadi, pastikan Anda untuk selalu membersihkan komponen rem untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama berkendara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara ini Da